Untuk Mengembangkan Kapasitas Kelembagaan Petani, Dinas Pertanian Adakan Penyuluhan Gerakan Penerapan PHT Pada Tanaman Tembakau.



Nganjuk, koranpatroli. com_ Untuk Mengembangkan Kapasitas Kelembagaan Petani, Dinas Pertanian Adakan Penyuluhan Gerakan Penerapan PHT ( Pengendalian Hama Terpadu) pada tanaman tembakau. 

Kegiatan yang bersumber dari DBH-CHT (Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau) Tahun 2024 ini dilaksanakan pada Selasa (09/07/2024) mulai pukul 07.00 WIB, bertempat di Desa Ketandan, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Nganjuk. 



Kelompok Tani Daya Makmur berkumpul dikediaman ketua kelompok Ugik Yulianto, kemudian menuju ke area persawahan yang ditanami pohon tembakau. 

Tampak petani melakukan penelitian hama, dengan melihat daun tembakau dan mengukur daun yang disesuaikan dengan usia tanaman. 



Ketua kelompok mengatakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan petani serta untuk mencegah gagal panen. 

"Yang utama adalah untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan petani, dan mencegah gagal panen, " tuturnya. 

Ugik juga mengatakan bahwa kegiatan  PHT dapat memotivasi kemampuan petani dalam mengelola agroekosistem, mencegah dan menanggulangi serangan Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) , serta menurunkan frekuensi penggunaan pestisida kimia dengan pestisida nabati yang berasal dari tumbuhan.

Acara pelaksanaan penuyulahan pertanian diakhiri dengan foto bersama team. (geo) 


Editor : Ester Mardiana. P




No comments

Powered by Blogger.